Lima Kekuatan Dhamma yang luar biasa (Pancabala)

👁 1 View
2017-09-22 09:15:33

Di dalam Anggutara Nikaya buku ke III.10 ada lima macam kekutan Dhamma yang dapat menunjang kehidupan.. yaitu :
1. Saddhabala : Kekuatan dari keyakinan
2. Viriyabala : Kekuatan dari semangat
3. Satibala : Kekuatan dari kesadaran
4. Samadhibala : Kekuatan dari Konsentrasi atau perhatian
5. Pannabala: Kekuatan dari Kebijaksanaan

Penjelasan:
1. Saddhabala: dalam hal ini ketika seseorang memiliki kekuatan keyakinan yang kokoh kepada Buddha, Dhamma dan Sangha, maka dalam menjalani kehidupan ia akan selalu berada pada kebenaran/Dhamma. ia begitu yakin sehingga apapun yang terdapat di dalam ajaran Buddha ia pelajari, renungkan, buktikan dan ia praktekan, sehingga mengetahui manfaat dari penerapan Dhamma.

2. Viriyabala: kekuatan semangat dapat diarahkan pada pengikisan hal-hal yang bersifat negatif, semangat dalam menghindari perbuatan jahat, semangat dalam memupuk perbuatan baik, dan semangat dalam memunculkan kebaikan-kebaikan.

3. Satibala: kekuatan kesadaran disini yang dimaksud adalah memumbuhkan kesadaran yang terdapat dalam diri: sadar betapa penting dan bermanfaatnya berbuat baik, sadar betapa merugikannya hasil dari perbuatan buruk, sehingga memiliki pengendalian dalam berpikir, berucap dan bertindak.

4. Samadhibala: kekuatan konsentrasi yang dimaksud disini mengarah pada Bhavana/Meditasi. hanya dengan Meditasi seseorang dapat mengendalikan pikiran, karena pikiranlah yang mengendalikan kehidupan ini. semua perbuatan baik dan buruk bersumber pada pikiran. hanya saja ketika proses yang terjadi begitu cepat sehingga tidak dapat disadari oleh pemikiran biasa. dengan selalu melatih konsentrasi sama halnya memupuk kesadaran, namun untuk melakukan latihan meditasi ini dibutuhkan kesadaran. maka dari itu antara Satibala dan Samadhibala dan tiga Bala yang lainya tidak dapat dipisahkan karena merupakan kekuatan yang saling bergantungan.

5. Pannabala: Panna disini diartikan sebagai Kebijaksanaan. kebijaksanaan timbul jika ada ke-empat kekuatan sebelumnya, namun ke-empat kekuatan sebelumnya akan dapat diwujudkan jika diimbangi dengan kekuatan kebijaksanaan. satu contoh; jika kekuatan keyakinan tidak diimbangi dengan kebijaksanaan maka akan terjadi keyakinan yang membuta, keyakinan yang terjadi tidak dilandasi dengan pembuktian/ehipassiko, sehingga tidak jarang hasil dari keyakinan seperti ini akan membentuk sesosok pribadi yang panatik karena mengganggap dirinya yang paling benar, sehingga tidak dapat menerima kondisi di luar dari dirinya. begitu juga semangat jika tidak dilandasi dengan kebijaksanaan maka akan terjadi semangat yang membara, berkobar-kobar, lalu mengabaikan potensi dirinya, melebihi batas kemampuannya dan selanjutnya akan terjebak dalam ke-exstriman yang akan merugikan dirinya sendiri. begitu juga dengan ke-tiga bala selanjutnya harus dilandasi dengan keyakinan.

Itulah lima kekuatan yang sangat luar biasa yang telah ditemukan oleh Buddha jika direnungkan dan dipraktekan dalam kehidupan kita. dalam hal apapun, dimanapun, dan kapanpun lima kekuatan atau yang disebut dengan Pancabala itu sangat bermanfaat bagi kehidupan ini.

http://vgbmbatam.blogspot.co.id

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com