TUMIMBAL LAHIR (Patisandhi/punabhava)

👁 1 View
2017-09-22 10:29:49

TUMIMBAL LAHIR (Patisandhi/punabhava) bukan berarti pemindahan atau penjelmaan, dalam agama Buddha tidak dikenal pemindahan atau penjelmaan dari nama (bathin /jiwa) setelah seseorang meninggal dunia.tetapi dikenal dengan istilah “penerusan”(patisandhi)vinnana.ketika seseorang akan meninggal dunia,kesadaran ajal (cuti citta) mendekati kepadaman dan didorong oleh kekuatan-kekuatan kamma.

kemudian,kesadaran ajal (cuti-citta) padam dan langsung menimbulkan kesadaran penerusan (patisandhi-vinnana) untuk timbul pada salah satu dari 31 Alam kehidupan (Bhumi 31) sesuai dengan karmanya. Hal ini secara umum disebut pula suatu permulaan dari bentuk kehidupan baru.

Ada 4 cara Tumimbal – lahirnya mahluk -mahluk, yaitu :

  1. JALABUJA-YONI : Mahluk yang lahir dari kandungan,seperti: manusia, kuda, kerbau. dll
  2. ANDAJA-YONI : Mahluk yang lahir dari telur,seperti: burung, ayam, bebek.dll
  3. SANSEDAJA-YONI : Mahluk yang lahir dari kelembaban,seperti: :nyamuk, ikan,dll
  4. OPAPATIKA-YONI : Mahluk yang lahir seara spontan, langsung membesar, seperti : para dewa, brahma, peta, mahluk neraka.dll

Disamping itu terdapat pula 4 macam Tumimbal lahir secara penerusan kehidupan di 31 Alam Kehidupan,Yaitu :

  1. APAYA-PATISANDHI : Bertumimbal lahir di Alam Apaya
  2. KAMASUGATI-PATISANDHI  : Bertumimbal lahir di Alam Kamasugati
  3. RUPAVACARA-PATISANDHI   : Bertumimbal lahir di Alam Rupa-jhana
  4. ARUPAVACARA-PATISANDHI : Bertumimbal lahir di Alam Arupa-jhana

Mahluk-mahluk itu bertumimbal lahir dalam 31 Alam Kehidupan,Mahluk-mahluk yang diam di 31 Alam Kehidupan itu masih mengalami kelahiran dan kematian,masih mengalami derita. 31 Alam Kehidupan tidak kekal adanya.

Nibbana (Nirwana) adalah diluar dari 31 Alam Kehidupan itu. Sebaliknya. Nibbana itu terbebas dari kelahiran dan kematian,terbebas dari derita, tidak termusnah, ada dan tidak berubah, kekal adanya. Jika seseorang belum mencapai kesucian tingkat arahat, setelah ia meninggal dunia,ia akan dilahirkan kembali dalam salah satu Alam dari 31 Alam Kehidupan sesuai dengan kammanya.

http://magabudhi-kotang.org

Kritik dan saran,hubungi : [email protected]