Sariputta | Pelimpahan Jasa 01 Sariputta

Pelimpahan Jasa 01

Tanya Jawab Seputar Pelimpahan Jasa

👁 1 View
2017-09-21 20:32:33


Pertanyaan :

Apakah perlu mendirikan papan sembahyang khusus untuk “musuh kerabat penagih hutang masa kelahiran lampau”, dan mengundang Bodhisattva Ksitigarbha untuk menjadi saksi, barulah dapat menghapus jalinan permusuhan? Sepertinya di Singapura tidak ada tradisi seperti ini.

Master Chin Kung Menjawab :

Tidak mungkin bisa menghapusnya! Jika anda bermaksud menghilangkannya, maka dia juga ingin menghilangkan dirimu, perang pun bergejolak. Demikian juga Singapura, setiap tahun di “Jushilin Lay Buddhists Society” selalu diadakan upacara pelimpahan jasa, mereka yang menulis nama papan sembahyang untuk  “musuh kerabat penagih hutang” begitu ramai. Bhiksu pemimpin upacara ada yang berasal dari “kelas bimbingan” yang sudah trampil, mereka memahami aturan dan tata cara ini, juga dapat memberi ceramah kepada kalian semuanya, kemudian berpadu dengan kegiatan harian vihara yang penuh dengan ceramah dan pelafalan Amituofo, menyatu dengan jasa kebajikan yang terakumulasi ini, maka itu upacara pelimpahan jasa ini tentu akan menghasilkan manfaat yang besar.

Mendirikan papan sembahyang dalam upacara pelimpahan jasa, hanyalah sebuah formalitas, yang penting adalah anda harus memahami kebenaran. Sepanjang hidup kita tidak mementingkan diri sendiri, menciptakan masyarakat yang tentram dan makmur, demi perdamaian dunia, demi kesejahteraaan penduduk, asalkan membangkitkan hati sedemikian, dilindungi para Buddha, dilindungi Dewa Naga Pelindung Dharma.

Kita selalu mengatakan : “Terhadap hal yang masuk akal, semua orang akan memiliki pemikiran yang sama”. Jika kita bertemu dengan orang seperti ini, maka kita menghormatinya, walaupun ada perselisihan, kita juga tidak berani berniat balas dendam. Karena dia telah berbuat banyak kebajikan untuk masyarakat, kebajikan yang dia lakukan adalah kebajikan kita juga, maka itu makhluk halus juga tahu “bersukacita pada kebajikan yang dilakukan orang lain”.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com