Sariputta | Permasalahan Melatih Diri 08 Sariputta

Permasalahan Melatih Diri 08

Tanya Jawab Seputar Permasalahan Melatih Diri

👁 1 View
2017-09-21 10:54:22

Pertanyaan :

Mengapa semakin melatih diri semakin banyak rintangan karma (karmavarana)?

Master Chin Kung Menjawab :

Karena musuh kerabat penagih hutang masa kelahiran lampaumu sudah terlalu banyak. Anda berhutang nyawa pada orang lain dan belum melunasinya dengan bayar nyawa, anda berhutang uang pada orang lain dan belum melunasinya, selama berputar di roda samsara sudah berapa banyak permusuhan yang anda jalin dengan makhluk lain, maka itu ketika anda melatih diri, musuh kerabat penagih hutang masa kehidupan lampau berdatangan cari masalah.

Bagaimana cara mengatasi rintangan karma? Dengan melimpahkan seluruh jasa kebajikan dari melatih diri kepada mereka. “Saya melatih diri bukan untuk diriku sendiri, saya melatih diri untuk kalian”, setelah mereka mengetahuinya tentu merasa bersukacita.

Andaikata anda sendiri melatih diri dan ingin memperoleh keseluruhannya, ingin melarikan diri dari pelunasan hutang, maka mereka takkan melepaskan dirimu, rintangan Mara juga begini munculnya.

Maka itu, hidup di dunia ini, orang lain menipu kita, mengelabui kita, kita terima dengan senang hati. Mengapa demikian? Hutang sudah dilunasi.

Andaikata kita tidak pernah berhutang padanya, tetapi kita ditipunya, kita juga menerimanya dengan ikhlas, kita tidak mau menuntutnya lagi, begini baru bisa keluar dari Trailokya (Kamaloka, Rupaloka dan Arupaloka).

“Orang lain berhutang padaku, semuanya saya tidak mau lagi; hutang saya pada orang lain, saya akan berusaha melunasinya”. Andaikata anda masih memiliki sedikit kemelekatan, maka tidak bisa meninggalkan enam alam tumimbal lahir, maka ini adalah masalah besar!

Maka itu, segala kemelekatan harus dilepaskan, benar-benar dapat memahami bahwa “lahir tidak membawanya datang, matipun tidak membawanya pergi”, bahkan tubuh sendiri juga tidak bisa dilindungi, apalagi barang-barang di luar tubuh!

Ada, sangat bagus; tidak ada juga tidak masalah, juga sangat gembira. Takkan gara-gara hal ini jadi risau, sungguh memperoleh kebebasan dan keleluasaan!

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com