Sariputta | Tanpa AKU (Kutipan Buku Tidak Ada Ajahn Chah) Sariputta

Tanpa AKU (Kutipan Buku Tidak Ada Ajahn Chah)

Ajahn Chah

👁 1 View
2023-03-11 10:24:10

95. Dasar sebenarnya dari ajaran Buddha adalah melihat ke ‘diri’ sebagai sesuatu yang tanpa inti. Tetapi orang belajar Dhamma justru untuk meningkatkan pandangan ke-aku-an nya. sehingga mereka tak ingin mengalami penderitaan atau késulitan. Mereka ingin segalanya menjadi menyenangkan. Mereka mungkin ingin melepas penderitaan, tetapi bila masih ada ‘Aku’, bagaimana mereka dapat melakukannya?

96. Seluruh tubuh tersusun oleh empat elemen yaitu tanah, air, angin, dan api. Ketika semuanya bersatu dan membentuk tubuh, kita menyebutnya sebagai pria, wanita, memberinya nama, dan Iain-lain, agar kita bisa membedakan satu dengan lainnya dengan lebih mudah. Tetapi sebenarnya tidak ada siapa pun disana. Hanya tanah, air, angin, dan api. Jangan bernafsu dan terpukau olehnya. Bila Anda benar-benar melihat ke dalam, Anda tidak akan menemukan apa pun di sana.

98. Begitu Anda mengerti, segalanya menjadi begitu mudah. Sangat sederhana dan langsung. Ketika hal yang menyenangkan muncul, pahami bahwa itu hampa. Ketika hal tidak menyenangkan muncul, lihatlah bahwa semua itu bukan milik Anda. Mereka akan berlalu. Jangan kaitkan semuanya dengan dirimu, atau melihat diri Anda sebagai pemilik mereka. Anda berpikir bahwa pohon pepaya adalah milikmu, lalu mengapa Anda tidak terluka saat pohon itu ditebang? Jika Anda dapat mengerti ini, maka batin Anda menjadi seimbang. Saat batin menjadi seimbang, maka ini adalah ‘Jalan’ yang benar. Ajaran yang benar dari Buddha, dan ajaran menuju pembebasan.
https://www.instagram.com/p/B1LBMZIgjSg/?igshid=gbghie4kwz3i

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com