Tanya Jawab bhante Ajahn Brahm (Kutipan Buku Bear Meditation)

👁 1 View
2019-09-16 13:43:18

Pertanyaan :
Saya memiliki fobia parah terhadap beberapa serangga terbang dan laba-laba. Itu benar-benar tidak rasional, namun cukup membuat saya ketakutan. Saya merasakan desakan menyingkirkan mereka dan berakhir dengan melanggar latihan moral saya. Tolong beri nasihat bagaimana mengatasi ketakutan ini supaya saya bisa membiarkan saja makhluk-makhluk ini.

Jawaban Ajahn
Pertama-tama, jangan memikiri atau mencemasinya. Cukup Iakukan meditasi dan buatlah batin damai dan tenang. Guru penahbis saya (Somdet Phra Buddhajahn) memberitahu saya bahwa ia tak pernah melakukan banyak meditasi, kecuali saat menjadi bhikkhu muda. Pada saat itu, ia bermeditasi entah di mana dalam rimba, dan saat ia keluar dari meditasi ada ular beracun melingkar di pangkuannya. Ular di Thailand sangat berbahaya. Jika Anda bergerak, hal pertama yang ular lakukan adalah mematuk Anda. Namun meski ia tahu betapa bahayanya ular itu, ia tak takut sedikit pun. lni benar-benar mengejutkannya. Ia kemudian menyadari bahwa inilah yang terjadi dalam meditasi: hal-hal yang biasanya Anda takuti tidak lagi mengerikan. Itu cuma ular, itu Saja. Ini terjadi karena batin Anda sangat damai dan tenang. Tak lama, ular itu melata pergi, dan ia pun bangkit.

Hal yang sama akan terjadi dengan fobia Anda terhadap nyamuk dan laba-laba. Jangan mencoba berhadapan dahulu dengan masalahnya. Buatlah batin Anda masuk dalam meditasi mendalam-menjadi damai, tenang, dan bahagia-lalu Anda tidak akan takut. Ketenangan sesungguhnya akan mulai mengatur lintasan dalam otak Anda untuk mengatasi fobia itu. Jadi, cukup lanjutkan meditasinya.

Saat saya di Thailand, ada banyak tarantula merayap di langit-langit, atau sebenarnya di balok penyangga atap. Kadang mereka akan jatuh dari balok penyangga. Cuacanya begitu panas sampai saya harus melepas jubah saya bertelanjang dada. Mereka akan jatuh di kulit saya! Itu terjadi banyak kali, namun saya sama sekali tidak takut. Rasanya cuma geli, itu saja.

Ada tarantula berlarian di dada Anda sebenarnya cukup menyenangkan! Mereka tidak akan menggigit Anda; mereka hanya berkitaran saja.

Jika Anda mencoba menyingkirkan ketakutan, itu malah makin parah. Jika Anda membiarkan saja,jika Anda damai dan bajik, maka ketakutan Pun berlalu. Begitu batin damai, tenang, dan bahagia, tiada masalah lagi ketenangan mengatur kembali lintasan dalam otak Anda untuk menyingkirkan ketakutn atau fobia apapun. Saat anda melihat laba-laba atau serangga terbang lewat , Anda mungkin berpikir, “Ya ampun, Aku tidak bereaksi !” JIka Anda sekadar membiarkannya , jika anda damai dan bajik ,ketakutan melenyap.
https://www.instagram.com/p/B2dJQ-knIb5/…

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com